Ticker

6/recent/ticker-posts

Wabup Pijay Buka Perkemahan Germas Sehati

Kabarposnesw.co.id - Dalam rangka ikut menyukseskan Gerakan Nasional Aksi Bergizi, yang puncaknya dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2022, Kepala Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pidie Jaya, Dr. Said Mulyadi, SE, M.Si, yang juga wakil Bupati kabupaten setempat,  membuka secara resmi perkemahan GERMAS Sehati dipusatkan di komplek markas PMI Pidie Jaya, Senin, (24/10/2022).

Kegiatan perkemahan dimaksud dilakukan oleh Dinkes Aceh dengan bekerja sama dengan Dinkes- KB Pidie Jaya dan Pramuka Kwarcab Pidie Jaya serta diikuti oleh 84 anggota pramuka penegak dari 7 Sekolah Menengah Atas /sederajat di Kabupaten Pidie Jaya.

Kepala Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pidie Jaya, Dr. Said Mulyadi, SE, M.Si, yang biasa disapa Waled, saat membuka acara mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian terhadap masalah gizi pada remaja, sehingga pemerintah melaksanakan gerakan aksi bergizi di seluruh Indonesia.
Lanjut Waled, aksi bergizi juga merupakan bagian dari kegiatan penurunan angka stunting, dimana masalah stunting juga merupakan masalah bersama, salah satu strategi pencegahannya adalah dengan pemberian tablet tambah darah kepada kalangan remaja putri yang nantinya menjadi calon pengantin.pada tahun 2024 mendatang diharapkan angka stunting bisa turun menjadi 14 % sesuai dengan Perpres No 72 tahun 2021.

"Pramuka merupakan salah satu kalangan yang paling efektif untuk mengedukasi tentang pentingnya gizi yang seimbang, Pramuka diharapkan bisa menjadi agen perubahan dalam penurunan angka stunting khususnya di kalangan remaja, dan aksi gizi serentak seluruh Indonesia bisa memecah rekormuri.", Ujar Waled.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana(KB) Pidie Jaya, Edi Azwar, M.Kes yang juga ikut menjadi salah satu pemateri pada Perkemahan Germas Sehati mengatakan, pihak nya sangat berterimakasih kepada Dinkes Aceh yang telah menjadikan Pidie Jaya sebagai lokasi aksi gizi serentak dan juga di Aceh Tengah.
"Kegiatan puncak pada 26 Oktober 2022, dipusatkan di SMUN 1 Meureudu, yang turut dipimpin oleh Ketua TPPS( Tim Percepatan Penurunan Stunting) Pidie Jaya, Dr.Said Mulyadi, sebagai wakil Bupati Pidie Jaya, dan nantinya juga akan dihadiri oleh Kadinkes Aceh, dr.Hanif.", kata Edi Azwar sembari berharap kegiatan tersebut dapat mengurangi kekurangan anemia khususnya remaja putri dengan pendukung program bebas stunting di tahun 2024.(*)

Editor : Redaksi

Dilihat